Senin, 09 September 2013

Data Warehouse 1

Sumber :


  1. Sistem Manajemen Basisdata (Bambang Hariyanto, Ir., MT.),Penerbit INFORMATIKA,Halaman : 649
  2. http://www.1keydata.com/datawarehousing/data-warehouse-definition.html


Pengertian Data Warehouse

   Data warehouse adalah repository (Arsip) informasi yang dikumpulkan dari banyak sumber disimpan pada skema yang disatukan disatu situs tunggal. Data warehouse memungkinkan pemakai data historis untuk melakukan analisis terhadap data ini dalam beragam cara dan membuat keputusan didasarkan pada hasil analisis. Data warehouse adalah satu metode penyimpanan data historis dan terpadu untuk sistem pendukung keputusan atau sistem intelejen bisnis (business intelegence system). Data warehouse beroperasi pada satu basisdata, atau campuran banyak basisdata perusahaan. Data warehouse membantu transformasi data menjadi pengetahuan sehingga membantu perusahaan berkompetisi.

Different people have different definitions for a data warehouse. The most popular definition came from Bill Inmon, who provided the following:
A data warehouse is a subject-oriented, integrated, time-variant and non-volatile collection of data in support of management's decision making process.


Manfaat Data Warehouse

   Secara garis besar, data warehouse dapat meningkatkan produktivitas pembuat keputusan melalui konsolidasi, konversi, transformasi, dan pemaduan data operasional sehingga menyediakan pandangan konsisten terhadap perusahaan.
Manfaat-manfaat yang diperoleh antara lain :

  1. kemampuan mengakses data yang berskala perusahaan
  2. kemampuan memiliki data yang konsisten
  3. kemampuan melakukan analisis secara cepat
  4. memberdayakan anggota perusahaan dengan informasi yang diperlukan untuk melakukan tugasnya secara efektif.
  5. merendahkan ongkos administrasi.

sekian dulu ya friends.. :)
untuk pemahaman lebih lanjut misal seperti : Bagaimana Arsitektur?, Bagaimana Jeroan / Daleman nya data warehouse?, apa fungsi-fungsi masing jeroan didalamnya? dan pertanyaan lainnya, akan dibahas di Data Warehouse 2.

mungkin ada yang mau nambahin tentang pemahaman awal data warehouse bisa langsung comment.

makasih friends..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar