Rabu, 11 September 2013

Data Warehouse 2

Sumber :


  1. Slide persentasi kuliah data warehouse pertemuan 2, tanggal 11 september 2013. (STIKOM Surabaya).
Dalam slide ke 3 :
History dibangun nya Data Warehouse :

  • Pada tahun 1990 bisnis semakin komplek, perusahaan tersebar secara global dan kompetisi yang berat.
  • Sistem operasional menyediakan informasi untuk menjalankan operasi sehari-hari, tetapi executive memerlukan berbagai macam jenis informasi yang dapat mendukung dalam pengambilan keputusan yang strategis.
  • Sistem operasional sangat penting untuk perusahaan, namun tidak dapat menyediakan informasi yang strategis. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengarah kepada cara yang baru dalam memperoleh informasi yang strategis.
Dalam slide ke 4 :
Pada tahun 1990 organisasi mulai mendapatkan keuntungan kompetitif.
Contoh area yang strategis dalam penggunaan Data Warehouse :

  • Retail : Kesetian pelanggan, perencanaan penjualan.
  • Pabrik : Pengurangan harga, Manajemen Logistik
  • Keuangan : Manajemen resiko, Pendeteksian Penipuan
  • Perusahaan Penerbangan : Mengarahkan Profitabilitas, Menghasilkan Manajemen.
  • Peralatan : Aset Manajemen, Sumber daya manajemen.
  • Pemerintah : Perencanaan tenaga kerja, Pengendalian Harga.
Dalam slide ke 7 :
Daftar Karakteristik yang diinginkan strategi informasi :

  • INTEGRATED (INTEGRASI)
  • DATA INTEGRITY (INTEGRITAS DATA)
  • ACCESSIBLE (DAPAT DIAKSES)
  • CREDIBLE (TERPERCAYA)
  • TIMELY (TEPAT WAKTU)
Dalam slide ke 9 :
faktor permasalahan :

  1. Data perusahaan tersebar kebanyak tipe system dan struktur yang tidak kompatible.
  2. Sistem proses pemesanan mungkin dikembangkan 20 tahun yang lalu dan berjalan pada mainframe lama.
  3. Data pada perusahaan berada pada berbagai macam system, banyak platform dan struktur yang berbeda.
Dalam slide ke 18 :
Business Intelligence Data Warehouse :

Dalam slide ke 19 :
Kesimpulan Data Warehouse :
Data Warehouse adalah sebuh lingkungan informasi yang :

  • Memberikan total pandangan terpadu perusahaan.
  • Membuat kemudahan untuk perusahaan dalam memberikan informasi saat ini dan informasi yang terdahulu untuk keperluan pengambilan keputusan.
  • Memberikan informasi organisasi yang konsisten.
  • Make decision - support transaction possible without hindering operational system.
  • Menyajikan strategi informasi dengan sumber yang fleksibel dan interaktif.
Dalam slide ke 21 :
Blend of many technology


Dalam slide ke 22 :
Purpose of Data Warehouse (DW)

  • Menyediakan informasi strategis bagi setiap perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar