Jumat, 06 September 2013

Definisi Manajemen

(MANAJEMEN KONSTRUKSI, Penulis : Ir. Irika Widiasanti, M.T. & Lenggogeni, M.T., Penerbit : PT REMAJA ROSDAKARTA, bandung, Cetakan pertama : Februari 2013, hal 9).

Dari beberapa sumber, terkumpul definisi-definisi dari beberapa ahli, manajemen, berikut ini yaitu :

1.      Kooentz & Donnel (Principal of management)
Kooentz & Donnel berpendapat bahwa manajemen menghubungkan pencapaian sesuatu melalui atau dengan orang-orang. Dalam hal ini arti manajemen dititikberatkan pada usaha pemanfaatan orang-orang dalam mencapai tujuan.

2.      Peterson & Plowman (Business Organization and Mangement)
Peterson & Plowman mengemukakan bahwa, manajemen dapat diberi definisi sebagai suatu teknik atau cara dalam arti, dengan teknik atau cara tersebut, maksud dan tujuan dari sekelompok manusia tertentu dapat ditetapkan, diklasifakasikan dan dilaksanakan. Manajemen dalam pengertian ini menekankan kepada teknik atau cara tertentu dalam rangka usaha pencapaian suatu tujuan.

3.      John F. Mee (Department of Management)
John F. Mee membuat definisi yang lebih luas mengenai manajemen. John mengemukakan bahwa manajemen adalah suatu seni keahlian untuk memperoleh hasil maksimal dengan usaha minimal dalam rangka mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan baik bagi pimpinan maupun para pekerja, serta memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat.

4.      Kimball & Kimball Jr (Principles of Industrial Organization)
Kedua ahli ini mengemukakan bahwa manajemen mencakup semua tugas dan fungsi yang berkaitan dengan pembentukan perusahaan termasuk pembiayaan dan penetapan pokok-pokok kebijaksanaan, perlengkapan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka umum dari organisasi serta pemilihan pejabat teras atau inti.

5.      Terry (Principles of Management)
Berpendapat bahwa manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling) yang memanfaatkan ilmu pengetahuan (science) dan seni (art), untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan.

6.      Stoner (Mangement)
Stoner berpendapat bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dengan menggunakan sumber daya organisasi lainnya, agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

7.      Follet
Follet berpendapat bahwa manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
8.      Siregar dkk. (Manajemen)
Siregar dkk berpendapat bahwa manajemen adalah proses untuk memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan tertentu.

9.      Fayol
Fayol berpendapat bahwa manajemen adalah fungsi-fungsi untuk merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan.



Dari berbagai definisi tersebut diatas, terlihat bahwa manajemen dapat didefinisikan sebagai suatu metode atau proses untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, yang dituangkan dalam fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengendalian (controlling).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar